manfaat-kailan

Manfaat Kailan Bagi Kesehatan, Sayuran Yang Kaya Nutrisi

Sayur kailan merupakan jenis sayuran hijau yang sering digunakan untuk berbagai masakan khas Tionghoa. Biasanya kailan ditumis dengan berbagai bahan masakan lainnya, misalnya daging sapi, ayam, udang dan lain sebagainya.

Sama seperti jenis sayuran pada umumnya, kailan juga mengandung banyak vitamin mulai dari vitamin A, B, C, E hingga K. Berbagai vitamin yang terkandung dalam sayuran ini sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia. Berikut ini ada beberapa manfaat kailan untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui.

manfaat kailan

Macam-Macam Kandungan Nutrisi dalam Kailan

Nilai gizi yang terkandung dalam kailan cukup tinggi, sebab bukan hanya vitamin namun terdapat berbagai macam nutrisi lainnya dalam sayuran yang sekilas mirip seperti sawi ini. Kandungan vitamin C yang ada di dalam kailan bahkan lebih tinggi dari vitamin C yang terkandung dalam jeruk.

Sementara itu, jika dibanding dengan sayuran berdaun hijau lainnya, kandungan vitamin A yang terdapat dalam kailan juga lebih tinggi. Di bawah ini terdapat rincian mengenai kandungan nutrisi yang ada di dalam kailan.

  • Vitamin A
  • Vitamin C
  • Vitamin B1
  • Vitamin B6
  • Vitamin E
  • Vitamin K
  • Beta Karoten
  • Asam Lemak Omega 3
  • Luthein
  • Folat
  • Fosfor
  • Kolin
  • Kalsium
  • Magnesium
  • Zat besi dan masih banyak yang lainnya

Manfaat Kailan untuk Kesehatan

manfaat kailan untuk kesehatan

Berbagai macam nutrisi yang terkandung dalam kailan membuat sayuran ini dapat berperan sebagai antioksidan dan juga anti inflamasi bagi tubuh manusia. Selain itu, masih banyak manfaat kailan lainnya dan untuk lebih jelasnya, langsung saja simak  ulasan lengkapnya di bawah ini:

Mengurangi Resiko Serangan Jantung dan Stroke

Serangan jantung dan stroke biasanya disebabkan karena adanya timbunan lemak di dalam darah. Kadar lemak yang terlalu tinggi dalam darah bisa membuat pembuluh darah tersumbat.

Oleh sebab itu dibutuhkan vitamin K dan serat yang cukup untuk mengurangi terjadinya resiko penyumbatan pembuluh darah sebagai salah satu penyebab serangan jantung dan stroke. Semua nutrisi yang dibutuhkan tersebut bisa didapatkan dari kailan.

Mencegah penyakit kanker

Kandungan antioksidan alami yang terkandung dalam kailan bisa membuat Anda terhindar dari penyakit kanker. Saat Anda mengkonsumsi sayuran berdaun hijau tebal ini, secara otomatis tubuh Anda akan menghasilkan enzim yang memiliki fungsi untuk menyerang sel kanker.

Membantu Menstabilkan Kadar Gula Darah yang Berlebihan

Asam lemak omega 3 yang terkandung di dalam kailan bisa menurunkan resiko terkena diabetes. Hal tersebut disebabkan karena asam lemak omega 3 termasuk nutrisi yang dapat menstabilkan kadar gula darah yang berlebihan.

Oleh sebab itu, mengkonsumsi kailan secara rutin sangat disarankan. Namun satu hal yang perlu diingat adalah jangan merebus kailan terlalu lama sebab hanya akan membuat kandungan nutrisi di dalamnya bisa berkurang drastis.

Melancarkan Buang Air Besar

Sama seperti sayuran pada umumnya, kailan tentu banyak mengandung serat. Kandungan serat inilah yang bisa membantu Anda mengatasi sembelit (sulit buang air besar). Jika buang air besar lancar maka secara tidak langsung kesehatan lambung dan usus akan semakin terjaga.

Mencegah Anemia

Zat besi yang terkandung dalam kailan termasuk sangat tinggi, bahkan lebih tinggi dari kadar zat besi dalam daging sapi. Oleh sebab itu, jika Anda rutin mengkonsumsi kailan maka Anda bisa mencegah resiko terkena anemia.

Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat Kailan juga mengandung kadar vitamin A yang tinggi serta terdapat pula luthein di dalamnya. Kedua jenis nutrisi tersebut sangat baik untuk kesehatan mata, khususnya yang berkaitan dengan kerusakan retina yang disebabkan paparan sinar ultraviolet.

Mencegah Osteoporosis

Sejumlah ahli gizi berpendapat bahwa kalsium dalam kailan lebih tinggi daripada kalsium yang terkandung dalam susu. Apalagi jika Anda termasuk orang yang alergi susu maka mengkonsumsi kailan secara rutin dapat menurunkan resiko terkena osteoporosis.

Membantu Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat kailan yang lainnya adalah membantu menjaga kesehatan kulit khususnya yang berkaitan dengan penuaan dini. Hal tersebut disebabkan karena kailan mengandung vitamin C dan E yang tinggi.

Kandungan vitamin C dan E tersebut bisa menghasilkan antioksidan alami yang sekaligus juga berperan sebagai penghasil kolagen. Seperti diketahui fungsi kolagen adalah untuk membuat kulit terhindar dari keriput.

Selain itu Kailan juga mengandung vitamin B1 yang membantu dalam kesehatan kulit dan kecantikan bagi orang yang mengkonsumsinya. Vitamin B1 yang terkanding pada kailan ini mampu menghindari terjadinya penuaan dini dan kulit kita yang kusam.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Jika Anda saat ini sedang mengikuti program diet, maka kailan sangat cocok untuk dijadikan sebagai salah satu bahan makanan yang dikonsumsi secara rutin. Hal tersebut disebabkan karena kailan mengandung banyak serat alami.

Serat alami tersebut bisa meningkatkan kecepatan proses pembakaran kalori sekaligus metabolisme di dalam tubuh. Mengkonsumsi kailan secara rutin akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan secara tidak langsung akan mempercepat proses penurunan berat badan.

Meningkatkan Kesehatan Ibu Hamil

Ibu hamil harus sangat memperhatikan jenis makanan yang masuk ke dalam tubuhnya agar janin tumbuh dengan baik dan sehat. Berbagai macam kandungan nutrisi yang ada di dalam kailan bisa membantu tumbuh kembang janin agar tetap sehat sekaligus dapat pula meningkatkan produksi air susu ibu.

 

daun kailan

Itulah 10 manfaat kailan bagi kesehatan, semakin rajin mengkonsumsi sayuran hijau maka semakin terjaga tubuh kita dari penyakit yang akan menyerang kekebalan tubuh. Untuk itu mari kita jaga kesehatan kita dan keluarga agar aktifitas menjadi luar biasa

 

By copasalpha

Beritauma adalah tempat untuk berbagi informasi dan tutorial untuk bersama selain itu juga memberikan info seminar baik seminar gratis atau seminar berbayar

One thought on “Manfaat Kailan Bagi Kesehatan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *