manfaat bunga telang

Apakah kalian sempat melihat bunga telang? Bunga bercorak biru ini mempunyai banyak nama. Beberapa  menyebutnya dengan nama Butterfly Pea, Asian Pigeonwings, Bluebellvine, Blue Pea, Cordofan Pea serta Darwin Pea. Tidak hanya rupanya yang menawan, nyatanya banyak pula khasiat pada bunga telang. Yuk lihat 9 Manfaat Bunga Telang Bagi Kesehatan.

Health Benefit Times menyebut, bunga telang merupakan tumbuhan yang berusia pendek, berkembang pesat, serta dapat tumbuh sampai 2, 5 m. Tumbuhan ini bisa ditemui di padang rumput; hutan terbuka, lahan semak, vegetasi sungai, serta hutan.

Bunga telang nampak semacam klitoris dengan wujud standar obovate besar, yang mempunyai panjang sekitar 4 sentimeter serta lebar 3 sentimeter. Walaupun kerap nampak bercorak biru, bunga telang pula mempunyai banyak varian warna semacam biru muda hingga tua, ungu muda ataupun putih serta kuning di bagian.

Masyarakat Thailand yakin kalau bunga telang mempunyai banyak manfaat pengobatan, seperti tingkatkan penglihatan, perkembangan rambut, serta keahlian buat menguatkan sistem imunitas. Sebagian dari keyakinan yang dianut secara luas ini didukung oleh sains.

Suatu riset dari Journal of Ethnopharmacology menampilkan kalau bunga telang mempunyai mutu antiasthmatic. Journal of Food, Science an Technology pula menciptakan kalau bunga itu penuh dengan antioksidan yang berguna serta bisa kurangi tingkat stres oksidatif.

manfaat bunga telang

Manfaat Bunga Telang Bagi Kesehatan

Sepanjang ini cuma sebagian penduduk lokal di negeri asal tumbuhan bunga ini seperti Indonesia, Malaysia serta Thailand yang memakai bunga ini dalam kesehariannya.

Di negara- negara tersebut, kelopak bunganya digunakan untuk pewarna makanan yang alami sebaliknya bagian yang lain digunakan untuk obat-obatan tradisional ataupun bisa dikatakan herbal. Di bawah ini merupakan catatan manfaat bunga telang bagi kesehatan yang dapat diterapkan untuk kesehatan kita dan keluarga.

1. Tingkatkan Kesehatan Otak

Manfaat bunga telang dapat meningkatkan kesehatan otak. Kesehatan otak yang baik tergantung pada tingkatan komunikasi otak. Bunga telang terdiri dari Asetilkolin yang bila dikonsumsi bisa menolong tingkatkan kandungan Asetilkolin di otak. Asetilkolin bisa menurun bersamaan bertambahnya umur yang menimbulkan hilangnya memori serta permasalahan yang lain.

Bila kamu teratur komsumsi bunga telang ini, Maka bunga telang ini akan menolong membetulkan kinerja otak. Karena, bunga telang mempunyai khasiat kesehatan pada otak yang tingkatkan keahlian berpikir, dilansir dari Journal of Alami Remedies.

Baca Juga : Yuk Lihat Manfaat Talas Bagi Kesehatan

2. Mengatasi Menstruasi yang tidak Teratur

Khasiat bunga telang yang berikutnya dapat mengatasi menstruasi yang tidak teratur bagi wanita. Wanita Asia tentu tahu betapa hebatnya bunga telang dalam menolong dan menanggulangi permasalahan haid yang tidak tertib.

Banyak perihal yang menimbulkan tidak teraturnya permasalahan haid, tetapi dengan komsumsi bunga telang, perihal tersebut bisa diatasi.

Tidak hanya itu, dalam riset Journal of Traditional and Complimentary Medicine, bunga menawan ini pula mampu menolong dan menanggulangi sebagian permasalahan reproduksi pada wanita tidak hanya haid yang tidak tertib. misalnya semacam keputihan yang tidak wajar.

3. Tingkatkan Sistem Saraf

Khasiat bunga telang yang ke tiga ialah dapat tingkatkan sistem saraf. Sistem saraf mempunyai kedudukan berarti dalam metabolisme di dalam tubuh. Bunga telang berguna buat tingkatkan kinerja sistem tersebut, karena bunga telang terdiri dari sebagian senyawa yang bagus buat mendukung perihal tersebut.

Suatu riset yang dicoba oleh Pharmacology Biotechnology and Behavior mencatat, kandungan- kandungan yang ditemui pada bunga telang mempunyai kegiatan nootropik, ansiolitik, antidepresan, antikonvulsan serta antistres. Dengan kata lain, bunga ini pula bagus buat saraf otak.

4. Dapat Menyembuhkan Asma

Khasiat bunga telang yang berikutnya dapat menyembuhkan asma secara natural. Respon alergi dapat menjadi penyebab asma. Tetapi, sebagian riset sudah membuktikan keefektifan bunga Telang yang berguna selaku obat herbal bagi asma sebab tidak memunculkan alergi setelah dikonsumsi.

Riset yang dicoba oleh International Journal of Pharmaceutical Science and Research membuktikan, isi antioksidan serta antiastmatik ekstrak etanol dari pangkal bunga telang menampilkan proteksi yang signifikan alergi.

5. Obat Bagi Pnederita Diabetes

Khasiat bunga telang yang berikutnya merupakan obat bagi penderita diabetes. Salah satu khasiat kesehatan yang luar biasa yang ada pada bunga telang yaitu bisa mengendalikan penyerapan gula darah, sehingga bisa menolong dalam mengendalikan kandungan gula darah pada penderita diabet. Pastinya perihal ini bisa menjadi salah satu alternati bagi para penderita diabetes.

Tropical Journal of Pharmaceutical Research mencatat, ekstrak air daun serta bunga dari bunga telang secara signifikan kurangi glukosa serum, hemoglobin terglikosilasi serta kegiatan enzim glukoneogenik, glukosa- 6- fosfatase, namun tingkatkan insulin serum, glikogen hati serta otot rangka serta kegiatan enzim glikolitik, glukokinase.

Baca Juga : Yuk Pahami Perawatan Bagi Penderita Diabetes

6. Kesehatan Mata

Khasiat bunga telang yang berikutnya merupakan menjaga kesehatan mata. Pangkal tumbuhan pada bunga telang bisa digunakan buat mengobati bermacam penyakit mata, terkhusus di Asia Tenggara. Bunga- bunga indah bunga telang bisa digunakan buat menyembuhkan peradangan mata semacam mata merah ataupun konjungtivitis.

Procedia Chemistry berkata, dalam riset yang dikerjakannya, bunga telang dapat menolong atau melindungi konjungtivitas dengan menjadi penjaga supaya terhindar dari kuman yang bisa mengganggu mata serta mensterilkannya.

7. Sangat Baik Bagi Sistem Pencernaan

Khasiat bunga telang yang ke tujuh sangat baik bagi pencernaan kenapa?. Sebab watak antibakterinya, bunga telang bisa menolong atau menanggulangi sebagian permasalahan pencernaan tercantum keracunan dari makanan tertentu.

Riset Multidisciplinary Digital Publising Institute menunjukkan, bunga telang bisa membatasi kegiatan amilase pankreas, yang menuju pada pengurangan pelepasan maltosa dari tepung. Hasil dari riset membuktikan kalau akumulasi ekstrak bunga telang ke dalam tepung bisa membatasi kecernaan pati lewat penghambatan enzim pencernaan karbohidrat, termasuk amilase pankreas serta glukosidase usus.

8. Sebagai Tonik bagi Penymbuhan Demensia

Khasiat bunga telang yang berikutnya dapat digunakan sebagai tonik untuk penyembuhan demensia. Dalam sistem penyembuhan tradisional India, bunga telang dipercaya sebagai tonik otak serta diyakini bisa tingkatkan energi ingat serta kecerdasan.

Sebagian riset pada hewan pula menampilkan keefektifan Bunga Telang dalam tingkatkan keahlian menghafal pada tikus, sehingga sangat membolehkan buat menyembuhkan demensia pada manusia. Hasil riset yang dicoba oleh Pharmaceutical Biology menampilkan kalau ekstrak bunga telang berguna buat tingkatkan isi asetilkolin otak tikus serta kegiatan asetil kolinesterase dengan metode yang mirip dengan obat pelindung otak standar Pyritinol.

9. Mengurangi Nyeri Kepala

Apakah kalian sempat mengalami nyeri kepala namun tidak boleh komsumsi obat penghilang rasa sakit? Saat ini kalian tidak butuh takut. Karena, bunga telang terbukti bisa digunakan sebagai penghilang nyeri pada kepala.

Journal of Pharmacy Research menunjukkan, bermacam faktor yang berguna sudah ditemui di bermacam bagian tanamannya. Konstituen kimia aktif yang dilaporkan dari tumbuhan ini merupakan tanin, resin, pati, taraxerol, taraxerone, alkaloid, flavonoid, saponin, protein, antosianin serta karbohidrat.

Dalam penyembuhan tradisional, tumbuhan digunakan buat penyembuhan penyakit kuning, sakit kepala sebelah, kerongkongan, peradangan mata, penyakit kulit, asma, sendi bengkak, sakit kuping, erupsi, demam, peradangan saluran kencing, wasir, sakit kepala, kendala pencernaan, kusta serta kendala sistem saraf pusat.

jus bunga telang

Baca Juga : Menurunkan Berat Badan dengan Berpuasa ?

Berikut Cara Untuk Komsumsi Bunga Telang Sebagai Obat Herbal

  1. Wasir: Ambil sebagian biji dari bunga telang setelah itu dipanggang serta terbuat jadi bubuk. Minumlah bubuk tersebut dengan air hangat suam sepanjang 3 hari. Ataupun Ambil 10 gram akarnya serta rendam dalam 2 gelas air sepanjang 5 jam. Minum 2 kali satu hari sepanjang 3 hari.
  2. Sakit kuping: Ambil ekstrak daun bunga telang setelah itu hangatkan. Campur sedikit garam serta usapkan di zona luar kuping.
  3. Kaki gajah: Ambil akarnya serta buat jadi pasta dengan sedikit air. Minumlah pasta tersebut dengan air hangat suam.
  4. Bengkak: Haluskan sebagian daun. Tambahkan sedikit garam setelah itu dicampur. Oleskan pasta di bagian yang sakit 2 kali satu hari.
  5. Peningkat Memori: Goreng pasta bunga telang dengan mentega murni. Mengkonsumsi sebanyak 3 gr 2 kali satu hari.
  6. Perdarahan uterus: Giling bunga kering dari bunga telang. Ambil 1 gr bubuk serta campur dengan madu. Minum 3 kali satu hari.
  7. Sakit kepala sebelah: Kunyah 2 lembar daun bunga telang tiap hari.
  8. Kendala Pencernaan: Konsumsi 5 gr bubuk pangkal bunga telang menolong mengobati kendala pencernaan.

Itulah 9 manfaat bunga telang bagi kesehatan. Semoga tulisan ini dapat membantu dalam mengobati penyakit yang diderita secara alami.

By copasalpha

Beritauma adalah tempat untuk berbagi informasi dan tutorial untuk bersama selain itu juga memberikan info seminar baik seminar gratis atau seminar berbayar