podcast

Spotify memang dikenal sebagai salah satu aplikasi streaming musik terbaik. Namun, selain untuk streaming musik Anda kini juga bisa mendengarkan siaran podcast dari berbagai topik. Podcast merupakan konten dalam bentuk audio digital yang membahas berbagai macam topik menarik.

Semakin banyak topik menarik yang dibahas di podcast membuat Anda bisa bebas memilih podcast sesuai dengan topik yang ingin Anda dengarkan. Jika saat ini Anda juga tertarik untuk membuat podcast maka berikut ini ada panduan lengkap membuat podcast di Spotify.

membuat podcast di spotify

Peralatan untuk Membuat Podcast di Spotify

Sebelum mengetahui bagaimana membuat podcast di Spotify terlebih dahulu Anda perlu tahu apa saja peralatan untuk membuat podcast. Beberapa peralatan ini bisa membuat hasil rekaman podcast yang akan Anda unggah di Spotify terdengar lebih optimal dan profesional.

1. Mikrofon

Mikrofon tentu sangat dibutuhkan jika Anda ingin merekam suara, termasuk rekaman podcast. Mikrofon banyak jenisnya, namun umumnya terbagi ke dalam dua jenis yaitu mikrofon analog dan mikrofon USB.

Selain mikrofon, Anda juga bisa memanfaatkan smartphone untuk merekam suara. Kini sudah cukup banyak smartphone yang dibekali dengan fitur perekam suara yang berkualitas sehingga hasil rekamannya terdengar cukup jelas.

2. Aplikasi Edit Suara

Membuat podcast juga membutuhkan aplikasi edit suara yang berfungsi untuk memperbaiki hasil rekaman audio. Kini sudah banyak aplikasi untuk mengedit suara misal seperti Adobe Audition, Audacity dan lain sebagainya. Aplikasi edit suara tersebut perlu Anda pasang di komputer ataupun di smartphone.

Cara Membuat Podcast di Spotify

Berikut ada beberapa cara untuk membuat podcast di spotify. lanngsung saja ya kitala lihat list di bawah ini.

1. Menentukan Topik yang Akan Dibahas di Podcast

Langkah pertama yang harus Anda lakukan jika ingin membuat podcast adalah menentukan topik pembahasan. Selain Anda harus memahami topik yang akan Anda bahas dalam podcast, sebaiknya topik tersebut juga Anda sukai.

2. Susun Narasi Podcast

Rekaman suara yang akan dijadikan podcast harus tertata dengan baik sehingga akan mudah dipahami oleh orang-orang yang mendengarkannya. Oleh sebab itu sebelum direkam sebaiknya Anda terlebih dahulu menyusun narasinya.

Satu hal yang perlu diingat ketika membuat podcast adalah mempersiapkan narasi. Namun hindari untuk terlalu terpaku dengan narasi yang Anda buat. Jadikan narasi hanya sebagai panduan dan rekam suara Anda dengan intonasi yang mengalir seperti orang yang sedang berbicara bukan membaca.

3. Mulai Merekam Suara

Saat merekam suara itu pastikan bahwa Anda berbicara dengan tempo yang cukup, jangan terlalu cepat ataupun terlalu lambat. Selain itu jangan lupa pula untuk memberi salam pembuka dan penutup, bila perlu buat salam pembuka dan penutup yang khas sehingga podcast Anda memiliki keunikan tersendiri.

4. Mengedit Hasil Rekaman Suara

Setelah selesai melakukan proses perekaman suara, dengarkan kembali rekaman yang telah Anda buat tersebut. Lanjutkan dengan melakukan proses pengeditan hasil rekaman suara sesuai dengan bagian-bagian yang ingin Anda tampilkan dalam podcast

Format rekaman suara menggunakan format SO/IEC 11172-3 MPEG-1 dan bitrates yang digunakan antara 96 – 320 kbps. Setelah itu simpanlah hasil rekaman yang sudah diedit tersebut dalam format mp3. Selain itu, pastikan ukuran file rekaman tersebut tidak lebih dari 200 MB.

5. Menentukan Nama dan Cover Image dari Podcast yang Anda Buat

Setelah menyimpan hasil rekaman suara yang sudah diedit lanjutkan dengan menentukan nama dan cover image dari podcast yang Anda buat. Nama konten podcast sebaiknya yang unik namun tetap mampu mendeskripsikan konten yang Anda buat tersebut.

Selain unik pastikan juga nama dari konten podcast yang Anda buat itu tidak lebih dari 20 karakter. Setelah itu, tentukan pula cover image dari konten podcast tersebut. Saat menentukan cover image, pastikan gambar yang Anda pilih adalah jenis gambar tanpa copyright.

Bukan hanya Anda harus memilih cover image yang bebas dari copyright, Anda juga perlu memilih gambar sesuai dengan format rasio square (1:1). Selain itu pilih gambar yang kualitas resolusinya tinggi setidaknya 1400 x 1400 pixels.

6. Memilih Host Podcast yang Akan Anda Gunakan

Langkah akhir dalam proses pembuatan podcast adalah memilih host website untuk tempat memasukkan konten podcast yang sudah Anda buat. Jika sudah masuk ke dalam sebuah host website maka konten podcast tersebut bisa diakses dengan bebas di internet.

Salah satu host website yang bisa Anda pilih untuk konten podcast adalah Spotify. Setelah berhasil mengunggah konten podcast tersebut Anda akan mendapatkan RSS feed.

7. Upload Konten Podcast ke Spotify

Mengunggah konten podcast ke Spotify sebenarnya juga tidak terlalu rumit. Berikut ini akan dijelaskan secara singkat langkah-langkah membuat podcast di Spotify sehingga bisa diakses banyak orang.

  • Langkah pertama adalah membuka Spotify for Podcaster
  • Kemudian masuk atau login dengan menggunakan akun Spotify Anda
  • Lanjutkan dengan memilih opsi “Get Started” pada bagian “Submit your podcast”
  • Selanjutnya beri tanda centang pada kotak yang di sampingnya terdapat tulisan “Terms and Conditions”
  • Kemudian klik “Continue”
  • Setelah itu masukkan link RSS feed ke dalam kotak yang telah tersedia
  • Lanjutkan dengan mengklik “Next”
  • Kemudian jangan lupa untuk melengkapi beberapa informasi yang dibutuhkan pada bagian “Add Podcast Info”. Beberapa informasi tersebut diantaranya seperti bahasa, negara, dan kategori penyedia layanan. Selanjutnya klik “Next”
  • Jangan lupa untuk memastikan bahwa semua informasi podcast yang Anda masukkan sudah benar. Setelah itu lanjutkan dengan mengklik “Submit”
  • Kini Anda hanya perlu menunggu konten podcast tersebut selesai di-review oleh pihak Spotify. Biasanya tim Spotify membutuhkan waktu selama beberapa hari untuk mereview konten podcast.

 

By copasalpha

Beritauma adalah tempat untuk berbagi informasi dan tutorial untuk bersama selain itu juga memberikan info seminar baik seminar gratis atau seminar berbayar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *